Bikin program dari netbeans

27 12 2009

PROGRAM DATABASE

Apa yang terpikir oleh kamu jika mendegar kata Database?? Pasti gak kebayang gimana bikin tools – toolsnya dan softwarenya kaya gimana kan?? Sebenarnya sih gampang ajah kalo mau nyoba bikin, asal kamu itu TEKUN, OPTIMIS, Bisa coding- coding JAVA (yang penting tau lah…) dan MAU BELAJAR

Disini saya akan tunjukin gimana bikin program yang mirip kaya Databse. Seperti yang saya bilang sebelumnya, kamu mesti tau tentang JAVA dulu. Untuk yang punya aplikasi NETBEANS seperti ini cara bikinnya. Saya Cuma nge-share ajah, maaf kalo ketinggalan jaman, hehehe….

Step – stepnya :

  1. Java Application dengan Gui FormJFrame.
  2. Bikin label (terserah anda) “Program” dengan JLabel pada tools palette di sebelah kanan.
  3. Bikin label Perusahaan & Barang dengan JLabel juga (Lihat gambar).
  4. Lalu kita pilih Box yang akan diidi nantinya dengan JComboBox yang ada pada tools palette juga.(Lihat gambar) dengan variable masing – masing.
  5. Dan kita bikin form untuk menampilkan apa yang akan kita pesan di ceck box itu dengan palette JTextField
  6. Juga jangan lupa buat tombol Hapus & Pesan – nya dengan JButton dengan “variable“ yang masing – masing gak boleh sama, entar bisa error saat di compile loh…
  7. Dan kita buat codingnya agar bisa berjalan.

Nah, ini saya kasih codingnya dengan cuma – cuma lho…

Hehehe…. ^_^!

private void hapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

// TODO add your handling code here:

hasil1.setText(” “);

hasil2.setText(” “);

}

private void hapusMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {

// TODO add your handling code here:

hasil1.setText(” “);

hasil2.setText(” “);

}

private void pesanMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {

// TODO add your handling code here:

if(barang.getSelectedIndex()==0){

hasil1.setText(“”+barang.getSelectedItem());

}

else if(barang.getSelectedIndex()==1){

hasil1.setText(“”+barang.getSelectedItem());

}

else if(barang.getSelectedIndex()==2){

hasil1.setText(“”+barang.getSelectedItem());

}

if(perusahaan.getSelectedIndex()==0){

hasil2.setText(“”+perusahaan.getSelectedItem());

}

else if(perusahaan.getSelectedIndex()==1){

hasil2.setText(“”+perusahaan.getSelectedItem());

}

else if(perusahaan.getSelectedIndex()==2){

hasil2.setText(“”+perusahaan.getSelectedItem());

}

}

Hasilnya akan jadi seperi ini :

Lihat kan, bagaimana hasilnya??

Coba deh kamu sendiri yangmembuatya, pasti dijamin kamu akan ketagihan dengan bahasa Pemograman, terutama Java…Dengan adanya Netbeans, kamu jadi lebih mudah untuk mempelajari Java…

SELAMAT MENCOBA….!!!!

Copyright 2009 http://www.ujiedelooser.wordpress.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: