Payudara : Mitos dan Fakta

4 03 2010

kita sering ngomongin Susu atau Payudara, tapi pasti banyak yg tidak tahu Mitos dan Faktanya :

Payudara berfungsi sebagai kantung susu yaitu untuk memberi makan bayi yang baru lahir. Payudara terdiri atas kelenjar susu, saluran untuk membawa susu itu keluar dan puting susu yaitu muara tempat keluarnya susu.
Di antara kelenjar susu itu terdapat jaringan ikat dan lemak, tapi tidak terdapat otot. Payudara tumbuh membesar pada saat seseorang beranjak dewasa, yaitu mulai pada masa pubertas, sampai seorang gadis berusia kira-kira 19 tahun.

Nah, sekarang, untuk tahu lebih lanjut mana mitos dan yang mana yang merupakan fakta seputar payudara, yuk kita simak mitos dan fakta berikut ini:

-= Mitos dan Fakta Payudara =-

M: payudara yang sehat adalah yang besar
F: salah. Payudara yang sehat tidak ditentukan oleh ukurannya, tetapi lebih ke arah apakah ia mengandung penyakit atau tidak.

M: payudara yang sehat besarnya sama antara sebelah kiri dan kanan
F: salah. Jarang sekali ada orang yang ukuran payudaranya sama kiri dan kanan. Biasanya yang satu lebih besar dari lainnya.

M: payudara besar akan menghasilkan ASI yang banyak
F : salah. Besar kecilnya ukuran payudara tidak berhubungan dengan kemampuan menyusui bayi. Bisa saja seseorang yang payudaranya terlihat datar menghasilkan ASI yang cukup banyak untuk memberi makan bayi, dan bisa pula terjadi seorang Ibu yang berdada besar tidak menghasilkan ASI yang cukup atau bahkan tidak menghasilkan ASI sama sekali. Yang sebenarnya berpengaruh adalah bentuk puting payudara. Bila putingnya menunjukkan kelainan, misalnya terbelah atau masuk kedalam, mungkin akan timbul kesulitan pada saat menyusui bayi.

M: laki-laki lebih suka cewek yang berpayudara besar karena lebih seksi
F: Ini juga salah karena ukuran tentang seksi atau tidak sangat relatif dan tergantung pada individu si cowok tadi. Merupakan hal yang biasa kalau kita punya bayangan tentang pasangan yang ideal kita. Seperti juga cewek, ada yang senang dengan cowok yang atletis dan berbulu lebat, ada yang lebih memilih cowok yang kurus tinggi berkacamata, cowok juga begitu. Ekspektasi mengenai pasangan ideal ini bisa bervariasi menyangkut tinggi badan, warna kulit, rambut ikal atau lurus, sampai masalah payudara. Selera cowok tentang payudara cewek ini juga banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Misalnya, laki-laki suku Indian lebih suka cewek yang berdada besar dan memanjang ke bawah, sedangkan pria dari belahan dunia yang lain lebih suka cewek yang berpayudara tidak terlalu besar. Jadi, semuanya relatif.

M: payudara dapat diperbesar dengan mengoleskan krim tertentu atau melakukan olahraga tertentu
F: Salah. Ukuran payudara lebih ditentukan olah faktor genetis dan bukan faktor latihan. Selain itu, payudara tidak mempunyai jaringan otot, sehingga tidak ada olah raga apapun yang dapat memperbesarnya, karena olah raga berpengaruh pada perkembangan otot. Tetapi, ada gerakan-gerakan tertentu yang mempengaruhi pembesaran otot dada. Kalau otot dada kita berkembang, otomatis mendorong payudara lebih ke depan sehingga kelihatan lebih besar, sedangkan payudaranya sendiri tetap segitu-gitu aja. Ada krim yang diiklankan mengandung hormon yang dapat memperbesar payudara. Memang sih besar kecilnya payudara diperngaruhi oleh hormon. Tapi karena hanya dioles dari luar, hormon ini hanya bekerja di permukaan kulit dan tidak mempengaruhi keseluruhan jaringan.

M: sentuhan cowok pada payudara cewek dapat merangsang pembesaran payudara
F: sekali lagi, ukuran payudara ditentukan oleh factor genetis. Tidak ada tindakan apapun yang dapat memperbesar atau mengecilkan payudara selain operasi/bedah plastik. Jadi, kalau cowokmu bilang begitu, jangan percaya, dia cuma pengen pegang-pegang aja….

M: cewek yang payudaranya kelihatan melorot pasti sudah pernah berhubungan seks.
F: salah. Payudara kelihatan melorot karena adanya daya gravitasi, bukan karena seseorang telah melakukan hubungan seks. Makin besar payudara, makin berat, sehingga kemungkinan untuk terlihat melorot makin besar. Di sinilah fungsi BH. BH yang baik dapat membantu payudara, terutama yang besar, kelihatan kencang dan tidak melorot. Selain itu, seperti kita sudah pernah bahas di curhat sebelumnya, selain kehamilan, nggak ada gambaran fisik dari luar yang bisa menunjukkan apakah seseorang sudah pernah berhubungan seks.

M: kanker payudara hanya dapat dialami oleh cewek
F: eh ternyata tidak lho! Walaupun memang tidak sebanyak yang terjadi pada perempuan, beberapa pria juga menjadi korban kanker payudara. Kalau diketahui secara dini tentu bisa ditanggulangi dan diobati sampai tuntas, tapi kalau nggak, bisa sampai merenggut nyawa. Karena itu, baik cowok maupun cewek, sebaiknya kita waspada.

========
Sekarang, setelah kita tahu mana yang mitos mana yang fakta, kita tentunya bisa bersikap lebih bijaksana dalam memandang payudara. Seperti juga pada semua hal, fungsi dan kesehatan lebih penting daripada sekedar penampilan. Pemeriksaan kesehatan payudara, yang dikenal dengan nama SADARI, pemerliharaan organ reproduksi cewek, tapi ada baiknya kita ulangi sekali lagi kondisi yang harus segera diwaspadai:
– Kita belum pernah berhubugan seks dan tidak sedang hamil, tapi payudara mengeluarkan cairan
– Pada payudara terdapat benjolan
– Payudara terasa sakit padahal kita tidak sedang dalam masa menjelang atau sedang menstruasi

Hal-hal tadi bisa jadi merupakan gejala awal tumbuhnya tumor, yang dapat menjadi kanker payudara. Kalau hal-hal seperti ini terjadi pada kalian, baik cewek maupun cowok, jangan ragu, takut atau malu, segeralah periksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Kalau dideteksi dan ditangani sejak dini, kanker ini dapat disembuhkan secara total.

http://www.geocities.com/guntoroutamadi/artikel-payudara.html

About these ads

Actions

Information

One response

6 03 2010
Achmad

Ada2 ajah nih artikel ..:D
tapi lumayan buat gw ngakak :)

pertama dah !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: